Dinkominfo Surabaya Bekali Kelurahan Internet Sehat

By Admin

nusakini.com--Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) kota Surabaya melalui bidang Teknologi Informasi menggelar Pembekalan SDM Tentang Internet Sehat di Lingkungan Pemerintah Kota Surabaya. 

Bertempat di ruang rapat Dinkominfo kota Surabaya, Gedung Pemerintah Kota Surabaya lantai 5, Kamis (22/6), sebanyak 45 peserta dari kelurahan di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya mendapat paparan dari narasumber terkait Internet Sehat. Okky Tri Hutomo, Dewan Komisioner TIK Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia memaparkan presentasi dengan judul Internet Sehat Aman Cerdas Kreatif & Produktif : Insan Cakap. 

Okky menjelaskan, sekarang eranya Internet Of Think (IOT). Apa yang belum dibayangkan ternyata sudah ada. Mulai dari sepeda kayuh yang bisa jalan sendiri hingga mentranslate bahasa binatang. 

Lebih lanjut Okky menjelaskan, populasi di dunia sebanyak 7,34 miliar dengan pengguna lebih dari 3,6 miliar. Sedangkan Indonesia menduduki peringkat ke-3 di Asia untuk pemakai internet tertinggi. Sedangkan di tingkat dunia Indonesia menduduki peringkat lima. 

Mengutip APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) Nopember 2016, Okky menuturkan, keamanan berinternet bagi anak sebanyak 76,4% atau sebanyak 101,3 juta dalam status tidak aman. Sedangkan 22,9% atau sebanyak 30,3 juta aman. Mengutip Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) : Kejahatan Internet & Pornografi terhadap Anak meningkat tajam. Pada tahun 2011 hingga 2013 ada sebanyak 610 laporan dan tahun 2014 hingga 2016 ada 1.249 laporan.(p/ab)